Jual Beli Rumah Murah dengan Bantuan Broker

Jual Beli Rumah Murah dengan Bantuan Broker

Jual beli rumah murah merupakan sebuah usaha yang gampang – gampang susah untuk dijalani. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan berikut detail yang tidak boleh diabaikan. Ketepatan serta ketelitian juga dibutuhkan untuk memperoleh rumah idaman sesuai dengan budget yang dimiliki.

jual beli rumah murah

Akta Jual Beli Rumah

Akta jual beli (AJB) merupakan dokumen wajib yang menjadi bukti pembelian rumah yang sah dan legal. Pengurusan AJB dilakukan melalui notaris atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) dengan melengkapi berkas – berkas yang dipersyaratkan.

  1. Berkas terkait dengan tanah atau rumah yang dijual, meliputi:
  2. Sertifikat asli hak atas tanah dan bangunan
  3. Surat tanda terima setoran pajak PBB
  4. Surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT)
  5. Surat keterangan dari kepala desa atau camat terkait keabsahan lokasi tanah dan/atau bangunan
  6. Berkas terkait dengan penjual
  7. Salinan KTP
  8. Salinan Kartu Keluarga
  9. Berkas terkait dengan pembeli
  10. Salinan KTP
  11. Salinan Kartu Keluarga
  12. Salinan NPWP (nomor pokok wajib pajak)

Broker dalam Pengurusan AJB

Apabila sertifikat hak atas tanah/bangunan tersebut telah tersedia, maka pengurusan jual beli rumah murah akan lebih mudah. Tetapi apabila sertifikat tanah/rumah yang dijual masih berada dalam proses atau bahkan belum diproses karena permasalahan hak waris misalnya, maka proses pengurusan AJB akan lebih panjang.

Tidak hanya dibutuhkan keterangan dari kepala desa terkait, tetapi juga persetujuan dari seluruh ahli waris bersangkutan. Proses ini tentu tidaklah mudah dan cenderung memakan waktu lama. Dalam situasi seperti ini, mungkin diperlukan broker yang berperan sebagai perantara dalam pengurusan persyaratan dan dokumen AJB.

Baca juga : Tips Memilih Situs Jual Beli Rumah

Fungsi Lain Broker

Broker tidak hanya berperan dalam membantu pengurusan dokumen AJB. Dalam proses jual beli tanah/rumah, broker dapat pula membantu untuk:

  1. Menemukan lokasi rumah yang strategis

Dengan budget yang terbatas, menemukan rumah impian mungkin bukanlah hal yang mudah. Tetapi dengan bantuan broker, memperoleh rumah idaman bisa jadi bukan sekedar impian. Broker akan membantu memilih lokasi properti sesuai dengan budget dan kriteria yang dimiliki.

Apabila rumah yang hendak dibeli ditujukan sebagai sebuah investasi, broker juga dapat memberikan analisa terkait prospek dan keuntungan yang dapat diberikan.

  1. Membantu penjualan rumah dengan mempromosikannya kepada calon pembeli

Seperti halnya membeli rumah, menjual rumah pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mencari pembeli yang tertarik dengan rumah yang dijual serta harga yang ditawarkan bukanlah perkara gampang. Promosi perlu dilakukan dan broker merupakan pilihan yang tepat untuk proses ini.

Broker memiliki jaringan penjualan yang terdata dalam sistemnya. Sehingga akan lebih mudah untuknya melakukan promosi baik melalui word of mouth maupun iklan di media. Seorang broker profesional juga telah memahami dengan baik strategi marketing untuk penjualan properti. Sehingga proses jual beli dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

  1. Memantau perkembangan pembangunan rumah yang dibeli secara inden

Apabila pembelian rumah dilakukan secara jarak jauh, sementara rumah membutuhkan renovasi atau bahkan pembangunan ulang, maka dibutuhkan seseorang untuk memantau pelaksanaannya. Broker dapat membantu melakukan pemantauan ini dan melaporkan setiap perkembangan termasuk kemungkinan adanya penyimpangan maupun keterlambatan dalam proses pembangunan.

Untuk penggunaan jasa broker, tentu saja ada sejumlah fee yang harus dibayarkan.  Rata – rata fee untuk jasa broker dalam proses jual beli rumah murah adalah 2 – 3% dari total nilai transaksi yang disepakati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.