7 Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Bisa Menghasilkan Cuan Banyak

7 Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Bisa Menghasilkan Cuan Banyak

Pandemi COVID-19 mengakibatkan sebagian besar masyarakat mengalami kesulitan ekonomi. Mulai dari pemutusan hubungan kerja, bisnis bangkrut hingga kesulitan mencari pekerjaan. Tak heran jika banyak orang mencari peluang bisnis di masa pandemi agar kebutuhan bisa terpenuhi maupun memiliki penghasilan sampingan.

Efek dari pandemi COVID-19 sangat dirasakan oleh pelaku UMKM. Sekitar 56% UMKM mengalami penurunan hasil penjualan, tak hanya itu 22% lainnya kesulitan mendapat pembiayaan. UMKM yang paling terdampak adalah sektor pariwisata, kerajinan, hingga eksportir.

Namun di balik kesulitan yang ditimbulkan oleh pandemi seperti pergeseran kebiasaan berbelanja, ternyata membuka pintu lebar akan hal-hal baru dan juga terciptanya peluang bisnis. Imbauan social distancing, tetap di rumah saja, memunculkan kebiasaan baru mengakses segala kebutuhan lewat online. Mulai dari makanan, minuman hingga berbelanja kebutuhan harian.

Ini tentunya memberikan angin segar untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Dengan memanfaatkan kebiasaan baru ini berbagai peluang bisnis di masa pandemi pun bisa Anda lakukan.

Apa saja peluang bisnis di masa pandemi yang memiliki prospek menghasilkan cuan banyak?

Inilah 7 Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Bisa Menghasilkan Cuan Banyak

Sumber: Freepik.com/diloka
  1. Reseller atau dropshipper online shop

Bisnis online yang satu ini sepertinya akan terus diminati hingga ke depannya. Kemudahan yang ditawarkan membuat sebagian besar orang memilih model ini sebagai bisnisnya.

Keuntungan dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu memiliki toko offline atau menyetok barang. Anda cukup mencari distributor atau supplier untuk bisa diajak kerja sama. Nantinya untuk setiap pesanan, mereka akan mengirimkan langsung ke pembeli dengan menggunakan nama toko Anda. Mudah bukan?

Sedangkan untuk modal bisnis, yang Anda butuhkan hanyalah smartphone dan kuota internet.

Dilansir dari Forbes tanggal 30 Juni 2020, ternyata bisnis ritel online merupakan salah satu sektor yang bertahan di tengah gempuran pandemi COVID-19. Sebagai contohnya, salah satu raksasa ritel online, Amazon, dikabarkan justru mengalami pertumbuhan omzet yang luar biasa selama pandemi ini. Ya, ini dikarenakan pergeseran kebiasaan berbelanja masyarakat yang lebih suka via online daripada datang ke toko.

Anda bisa memanfaatkan celah ini untuk memulai bisnis sebagai reseller atau dropshipper. Pilihlah produk yang banyak dicari konsumen, seperti hand sanitizer, masker, produk fashion maupun makanan.

  • Bisnis makanan

Survei dari Mckinsey & Company, 58% konsumen di Indonesia mengurangi kunjungan untuk makan di tempat selama pandemi. Ini tak lepas dari peraturan pemerintah seperti PSBB yang melarang masyarakat makan di restoran demi pengendalian penyebaran COVID-19.

Di satu sisi, bisnis kuliner merupakan sektor yang paling terasa dampaknya. Walaupun begitu, selama masa pandemi banyak muncul usaha kuliner rumahan yang ternyata mampu bertahan.

Peningkatan pesananan makanan secara online sangat dirasakan selama pandemi. Tercatat pendapatan UMKM bisnis kuliner dari paltform online seperti Gojek meningkat hingga 2,75 kali lipat. Ini tentunya bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuka bisnis makanan di rumah. Tak perlu repot sewa tempat, cukup di rumah saja, dan order lewat aplikasi online.

Namun, yang mencuri perhatian dari sektor ini adalah bisnis frozen food. Produk makanan beku ternyata diminati banyak orang selama pandemi. Alasannya, makanan jenis ini bisa langsung diolah dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

Selain itu, jika diperhatikan sekarang ini banyak bermunculan bisnis makanan ringan ala tradisional maupun Korea hingga Jepang.

Yang perlu Anda catat untuk peluang bisnis yang satu ini adalah kejelian melihat pasar. Untuk itu, lakukanlah survei terlebih dulu sebelum memulai.

Sumber foto: Freepik.com/avistock
  • Produk minuman

Minuman kekinian ada di mana-mana!

Perkembangan jenis bisnis ini bisa dibilang luar biasa. Banyak orang yang banting setir ke usaha minuman. Entah itu membuka kafe kecil, gerobak, atau berjualan di rumah.

Kebiasaan masyarakat kita yang suka nongkrong dan menyukai hal baru, membuat peluang bisnis minuman ini semakin subur. Coba tengok, banyak banget variasi minuman kekinian sekarang ini. Mulai dari kopi, susu hingga minuman kesehatan.

Jika Anda ingin bisnis produk minuman rumahan, barangkali minuman kesehatan bisa dicoba. Contohnya jamu botolan, jus, minuman dari tebu dengan berbagai varian rasa atau yang tradisional seperti es dawet.

Untuk Anda yang mau coba usaha kafe kopi, sekarang ini kopi kemasan literan lagi hits. Salah satu kedai kopi di Jakarta misalnya, mereka bisa menjual kopi kemasan literan sebanyak 500 botol dalam sehari loh.

  • Tanaman hias

Pandemi COVID-19 juga sukses menciptakan hobi baru bagi sebagian orang. Salah satunya tanaman hias. Setahun belakangan ini hingga sekarang bisnis tanaman hias meningkat pesat.

Kondisi yang mengharuskan bekerja di rumah, tidak bisa ke mana-mana hingga tuntutan agar tetap sehat baik fisik dan psikis membuat banyak orang memilih menggeluti hobi ini. Ada semacam ketenangan saat melihat hijaunya tanaman di rumah.

Ceruk ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis di masa pandemi yang menjanjikan. Selain tanaman, Anda pun bisa menjual berbagai produk pendukungnya, seperti pot plastik, pot gerabah, pupuk, media tanam, hingga serum.

Sumber foto: Freepik.com
  • Produk handmade

Ternyata pandemi COVID-19 membuat sebagaian orang mulai menggeluti lagi hobi mereka yang dulu tidak sempat dikerjakan seperti kerajinan tangan. Kegiatan ini bisa dilakukan saat senggang, dan pastinya mengasyikkan.

Kelebihan menjual produk handmade adalah produksi barangnya yang terbatas juga desain eksklusif. Ini ternyata menjadi magnet kuat untuk menarik konsumen untuk membelinya.

Untuk modal, bisa dibilang tidak terlalu banyak dan sangat terjangkau apabila Anda baru mau memulai bisnis ini. Yang pasti, andalkan sisi kreatif Anda dalam menciptakan produk handmade.

Beberapa ide produk handmade yang bisa Anda lakukan adalah tas rajut, sepatu lukis, kerajinan dari kain perca, masker, macrame, gantungan hiasan rumah, aksesori perempuan, tote bag, pouch dan lain sebagainya.

  • Dekorasi rumah

Peluang bisnis di masa pandemi berikutnya adalah menjual produk dekorasi rumah.

Banyak orang kini gemar mendekor ulang rumah, agar suasana lebih nyaman untuk bekerja. Hal ini ternyata membuat bisnis dekorasi rumah juga bertumbuh pesat setahun belakangan.

Produk-produk dekorasi rumah yang bisa Anda jual contohnya sarung bantal, gorden, macrame, papan hias, bingkai, cover sofa, taplak meja, dan lain seabgainya.

Anda bisa membuat sendiri atau menggandeng pengrajin di sekitar tempat tinggal Anda untuk memproduksi dan menjual produk dekorasi rumah.

Sumber foto: Freepik.com/biancoblue

  • Kursus online

Anda memiliki keahlian di bidang fotografi, digital, manajemen, keuangan? Ini bisa dijadikan peluang bisnis di masa pandemi loh.

Banyak orang berminat untuk meng-upgrade diri sementara lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Anda bisa membua kursus online via zoom, WA grup, membuat e-book atau video singkat. Apabila level Anda sudah advanced, Anda bisa membuat kelas berjenjang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Tentunya saat menjalankan bisnis untuk pertama kali, Anda membutuhkan strategi agar bisnis yang dijalankan bisa bertahan dan menghasilkan omset yang besar.

Tip Memulai Bisnis di Masa Pandemi

  1. Menentukan target pasar

Memulai bisnis, hal pertama yang mesti dilakukan adalah menentukan target pasar. Jadi, Anda bisa dengan mudah untuk memasarkan produk sesuai target konsumen.

Misalnya, remaja. Untuk pengemasan produk, Anda bisa menggunakan warna-warna ceria yang menunjukkan jiwa muda. Jika target pasar adalah ibu-ibu, Anda bisa mengemas dengan warna pastel.

Dengan adanya target pasar, produk yang akan dijual bisa tepat sasaran dan Anda pun bisa meraup omzet yang lumayan. Ini juga bisa memangkas biaya pemasaran karena pasarnya lebih tertarget.

  • Tentukan branding

Branding sangat diperlukan dalam strategi pemasaran produk. Konsumen akan mudah mengingat suatu produk jika memiliki branding yang sesuai. Anda bisa memulai dari pemilihan logo yang simpel dan mudah diingat. Dan jangan lupa logo harus mempresentasikan produk yang akan dipasarkan.

  • Pemasaran

Apabila semuanya sudah siap, sekarang saatnya memasarkan produk Anda!

Manfaatkan kanal digital untuk mendapatkan konsumen sesuai target pasar Anda. Sekarang ini pemasaran lewat digital dinilai efisien. Media sosial seperti Instagram danFacebook masih menjadi primadona untuk sarana pemasaran.

Jangan lupa untuk menggunakan marketplace juga untuk memudahkan penjualan produk Anda.

Ide peluang bisnis di masa pandemi di atas semoga bisa membantu Anda yang tengah bingung mencari penghasilan tambahan. Apabila sudah memiliki salah satu tujuan bisnis yang akan dibangun, jangan tunda untuk memulai!

Pandemi ini tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir. Tapi, setidaknya Anda bisa terus bertahan dengan membuka bisnis sekarang ini.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.