Cara Mengatasi Sumur Bor Berpasir

Cara Mengatasi Sumur Bor Berpasir

Anda bermasalah dengan sumur bor Anda yang mengeluarkan pasir? Kalau iya, Anda perlu tahu cara mengatasi sumur bor berpasir yang paling jitu.

Sebenarnya masalah sumur bor yang mengeluarkan pasir ini cukup sering terjadi, terutama jika kita sedang mengalami musim kemarau yang panjang. Kondisi sumber air tanah yang cenderung mengering biasanya menjadi salah satu penyebab mengapa sumur bor kebanyakan hunian menjadi lebih berpasir.

Tentu saja, hal ini akan membuat kita jadi kurang nyaman, apalagi jika kita memang hanya mengandalkan sumur bor sebagai sumber utama air bersih bagi kebutuhan rumah tangga.

Penyebab sumur bor berpasir lainnya yang bisa terjadi misalnya pompa air yang dipakai kekuatannya terlalu besar, atau bisa juga karena terjadi guguran tanah atau pasir yang kemudian terbawa dalam mata air sumber sumur bor.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Beberapa orang memang lebih suka menggunakan sumur bor sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan rumah tangga ketimbang harus berlangganan PDAM.

Salah satu alasan terbesarnya adalah karena dengan punya sumur bor sendiri, Anda tak perlu mengeluarkan biaya berlangganan setiap bulannya. Air tanah bisa didapatkan dan dipergunakan secara gratis.

Di daerah tertentu, kualitas air tanah memang bisa sangat bagus; sehat, tidak berwarna, tidak berbau, dan berasa segar. Jauh lebih baik daripada air PDAM.

Namun, di balik segala kelebihannya, sumur bor juga memiliki kekurangan, yakni Anda harus bijak dalam penggunaannya, karena air tanah bisa saja menjadi langka apalagi ketika tiba musim kemarau yang panjang.

Kondisi Sumur Bor Pada Umumnya

Sumur bor biasanya dibuat dengan mengebor tanah, lalu mengalirkan air menggunakan paralon PVC yang ditanamkan ke dalam tanah. Kedalaman sumur bor ini biasanya mencapai 15 meter, untuk daerah berkontur datar, tetapi bisa lebih dalam jika daerahnya berada di area dataran tinggi.

Sumur bor berbeda dengan sumur gali, yang dibuat dengan menggali tanah sampai ke kedalaman 40 hingga 80 meter, yang biasanya memiliki air yang sangat jernih.

Sumur bor disarankan dibuat di musim kemarau, dan tidak di musim hujan. Hal ini terkait dengan tingkat debit air tanah itu sendiri. Musim hujan akan membuat tingkat debit air tinggi, sehingga dalam kedalaman yang dangkal, air sudah bisa ditemukan. Namun, begitu kita memasuki musim kemarau, tak jarang hal ini timbul masalah, karena debit air menjadi berkurang. Kadang yang terjadi, kita harus mengebor lagi demi mendapatkan sumber air lagi.

Cara Mengatasi Sumur Bor Berpasir

Yang pertama harus Anda pahami bahwa jika sumur bor Anda mengandung pasir, maka akan lebih baik jika Anda memanggil tukang sumur yang berpengalaman untuk mengatasi masalahnya, karena sudah pasti jika ditangani oleh ahlinya langsung, maka hasilnya tentu akan lebih baik dan pekerjaan pun bisa dilakukan dengan lebih efisien. Pasalnya, mereka yang ahli sudah tahu dengan pasti apa saja yang harus dipersiapkan maupun dilakukan.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi sumur bor berpasir”

1. Memperdalam sumur

Anda sudah paham, bahwa sumur bor mengandung pasir disebabkan—salah satunya—karena kedalaman sumur yang masih kurang dalam, sehingga ketika diambil airnya menggunakan pompa, tanah dan butiran pasir pun terbawa.

Jadi, salah satu cara mengatasi sumur bor berpasir yang paling jitu untuk dilakukan adalah mengebor kembali sumur agar lebih dalam, hingga beberapa meter lagi sampai dasar sumur berada di bawah lapisan pasir tanah.

2. Angkat pasir

Cara mengatasi sumur bor berpasir kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengangkat pasir yang ada dalam sumur bor dengan pompa air hingga bersih. Tanda bersihnya adalah ketika air disedot dengan pompa biasanya, pasir sudah tak terbawa lagi.

Alternatif Cara Mengatasi Sumur Bor Berpasir

1. Berlangganan PDAM

Bagi sebagian orang, air tanah yang bisa didapatkan dari sumur bor memang yang terbaik. Namun, jika kondisi tak memungkinkan, seperti misalnya sumur bor menjadi berpasir akibat kemarau panjang, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan berlangganan PDAM.

Dengan adanya PDAM ini, Anda jadi tidak tergantung lagi pada keberadaan air tanah dari sumur bor Anda jika memang kondisinya tidak sehat seperti ketika tercampur dengan pasir.

2. Miliki lebih dari satu sumur

Alternatif lain untuk mengatasi sumur bor berpasir adalah dengan memiliki lebih dari satu sumur. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi jika sumur bor yang satu terkendala, sehingga Anda tetap bisa melakukan segala aktivitas seperti biasa dan tetap mendapatkan sumber air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

Demikian sekilas mengenai sumur bor—mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga kondisi pada umumnya, dan sedikit ulasan mengenai cara mengatasi sumur bor berpasir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Baca juga : Kedalaman Air Tanah yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.