Letak Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Letak Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Perkembangan zaman dan pola pikir masyarakat mau tidak mau ikut memengaruhi perkembangan arsitektur, terutama arsitektur hunian. Salah satunya adalah perletakan kamar mandi. Kalau dulu, kamar mandi harus terpisah dari rumah utama, namun sekarang, kamar mandi justru masuk sampai ke dalam kamar tidur. Lalu, bagaimana ya kira-kira soal letak kamar mandi dalam kamar tidur menurut Feng Shui?

Seperti yang Anda ketahui, Feng Shui merupakan kepercayaan yang berdasarkan tradisi Tiongkok kuno, yang menyelaraskan antara unsur alam dan kehidupan manusia sehingga terjadi keseimbangan yang harmonis. Ada 3 unsur yang sangat krusial dalam Feng Shui, yakni Qi (baca: Chi) yang mengekspresikan kekuatan alam; serta Yin dan Yang, dua unsur yang saling menyeimbangkan dan melengkapi. Saat ketiganya mencapai proporsi yang seimbang, maka orang Tiongkok kuno percaya, bahwa alam dan hidup kita selaras sehingga akan berefek pada kebahagiaan, ketenteraman, dan juga kesuksesan.

Baca juga : Cara Mengatasi Sumur Bor Berpasir

Kembali ke soal kamar mandi dalam kamar tidur, menurut para arsitek, kini lebih diminati lantaran mengadopsi konsep zonasi hotel yang menyamankan dan juga praktis.

Lalu, pertanyaannya, bagaimana pengaruh Qi, Yin, dan Yang dalam Feng Shui jika kamar mandi diletakkan ke dalam kamar tidur? Karena seperti yang kita tahu, kamar mandi—oleh tradisi Tiongkok kuno—diidentikkan dengan “hal yang kotor” dan dipenuhi dengan energi yin. Sedangkan, kamar tidur merupakan ruang tempat kita beristirahat, yang kita pakai demi mengembalikan energi positif kita untuk beraktivitas kembali setelah beristirahat.

Letak Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Sebenarnya, menurut keilmuan arsitektur, tidak ada yang salah dengan menggabungkan kedua ruangan ini. Justru, hal ini akan memberikan nilai tambah lantaran kamar tidur pun menjadi berfungsi ganda.

Namun, tetap ada beberapa aturan yang harus dipenuhi agar penghuni tetap nyaman, dan hal ini bisa dilakukan menurut tradisi Feng Shui juga.

Luasan Ruang

Rasa nyaman kita secara tidak langsung akan berhubungan dengan dimensi ruangan yang kita huni. Ketika ruangan terasa lega—meski mungkin ukurannya kecil—maka kita akan merasa nyaman menghuninya. Begitu juga dengan letak kamar mandi dalam kamar tidur menurut Feng Shui ini.

Jika luas kamar tidur kita hanya 3 meter kali 4 meter atau malah kurang dari 12 meter persegi luasnya, maka kamar mandi dalam harus diposisikan untuk tidak mengurangi dimensi kamar tidur itu sendiri. Bisa jadi posisinya di luar dinding batasan kamar tidur, dengan pintu yang berada di dalam kamar tidur.

Luas kamar mandi dalam kamar tidur ini pun sebaiknya tidak kurang dari seperempat dari total luas ruangan.

Posisi

Posisi yang tepat akan menambah kenyamanan karena tidak mengganggu aktivitas. Jadi sebaiknya hindarilah pintu kamar mandi yang langsung menghadap ke ranjang. Usahakan ketika Anda tidur, maka mata tidak langsung melihat ke arah kamar mandi.

Begitu juga ketika pintu kamar dibuka, usahakan agar pintu kamar mandi juga tak terlihat langsung dari luar.

Gunakan pintu geser, agar lebih efisien dan tidak makan tempat. Hindari pintu yang hanya berupa tirai. Lebih baik hindari kamar mandi yang tidak berdinding, atau berdinding transparan yang langsung terlihat dari kamar tidur.

Berikan beda ketinggian lantai; lantai kamar mandi lebih rendah daripada lantai kamar tidur. Atau, Anda juga bisa membuat semacam tanggul kecil, agar mencegah air mengalir ke dalam kamar tidur.

Saluran utilitas

Terutama saluran air dan udara. Untuk sirkulasi udara yang baik, pastikan kamar tidur memiliki exhaust fan. Hal ini juga penting untuk mengurangi kelembapan yang bisa terjadi dan dapat memengaruhi suasana kamar tidur juga.

Pastikan juga saluran air lancar. Akan lebih baik jika Anda menggunakan shower, alih-alih menggunakan bak mandi, untuk menghindari air yang menggenang.

Upayakan juga agar kamar mandi tetap terang. Anda bisa memasang skylight, atau bouvenile atas yang memungkinkan sinar matahari untuk bisa masuk ke dalam. Gunakan warna interior yang terang, agar kamar mandi tak terlihat sumpek dan terasa lebih lega.

Jaga Kenyamanan Kamar Tidur

Dari sisi kamar tidurnya sendiri juga harus dijaga kenyamanannya, agar bisa seimbang sesuai letak kamar mandi dalam kamar tidur menurut Feng Shui.

Ventilasi baik

Usahakan kamar tidur untuk memiliki jendela yang bisa dibuka, sehingga tak melulu menggunakan air conditioning atau AC. Hal ini penting untuk menjaga kelembapan, menjaga sirkulasi udara, dan lebih penting lagi, agar sinar matahari bisa bebas masuk ke dalam ruangan kamar tidur.

Gunakan warna yang menenangkan

Kamar tidur seharusnya menjadi tempat Anda beristirahat setelah aktivitas yang melelahkan sehari-hari. Karenanya, sudah seharusnya suasana kamar tidur dibuat menenangkan, sehingga ketika kita selesai beristirahat, badan segar dan siap untuk beraktivitas kembali.

Gunakan warna-warna interior yang lembut dan terang, cenderung ke pastel. Anda dapat mengaplikasikan beberapa warna-warna kuat untuk aksen di sana-sini, tetapi usahakan untuk tidak terlalu mendominasi ruangan.

Demikian sedikit ulasan mengenai letak kamar mandi dalam kamar tidur menurut Feng Shui dan juga sesuai kaidah keilmuan arsitektur. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.