8 Tips Penting Kala Memilih Kontrakan Rumah

8 Tips Penting Kala Memilih Kontrakan Rumah

Anda berencana menyewa rumah untuk hunian bersama keluarga? Berbagai faktor harus dicermati, sehingga Anda merasa nyaman, aman dan senang selama menghuninya. Nah, apa saja penilaian penting terhadap kontrakan rumah?

1.     Lokasi dekat dengan tempat kerja

Supaya tetap menghemat biaya transportasi maka sangat penting untuk memilih hunian yang dekat dengan aktivitas harian Anda. Jangan hanya terpikat dengan harga murah tapi justru terjadi pemborosan, karena lokasinya jauh dengan tempat kerja. Penting pula untuk memastikan kalau daerahnya relatif aman dari risiko bencana alam. Dengan begitu, Anda juga merasa lebih tenang dan aman selama menghuni rumah kontrakan tersebut.

2.     Cermati spesifikasi rumah

Kebutuhan pasangan muda dan yang sudah memiliki anak pastinya berbeda. Oleh karena itu, sebelum menyewa rumah sangat penting untuk mengetahui spesifikasi dan fasilitasnya seperti instalasi air, listrik, kamar mandi, kamar tidur, dapur, taman dan sebagainya. Dengan begitu, sekaligus memastikan kalau hunian sesuai dengan kebutuhan.

3.     Cek kondisi bangunan

Sangat tepat bila Anda meluangkan waktu untuk mengecek setiap sudut bangunannya. Supaya mengetahui kondisi bangunan lebih detail. Bila terdapat bagian rumah yang mengalami kerusakan bisa meminta kesanggupan pemilik untuk memperbaikinya. Dengan begitu, bisa mengurangi risiko atas kerusakan yang terjadi.

4.     Pastikan lingkungannya bersih

Cermati keadaan sekelilingnya untuk memastikan kebersihannya, seperti tempat pembuangan sampah, selokan dan sebagainya. Lingkungan yang kotor akan menjadi sumber penyakit, karena itu faktor ini sangat penting untuk selalu diperhatikan. Dengan begitu, Anda bisa menekan risiko penularan penyakit dan menjaga kesehatan keluarga lebih baik.

5.     Fasilitas dekat rumah kontrakan

Sangat menyenangkan bila tinggal di kawasan dengan fasilitas sangat memadai seperti tempat ibadah, taman kota, kampus, minimarket dan sebagainya. Dengan begitu, semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan mudah dan cepat. Akses jalan juga menjadi pertimbangan penting. Apabila Anda memiliki mobil maka pastikan jalannya bisa dilewati kendaraan tersebut. Termasuk pilihlah rumah yang memiliki garasi atau car port.

6.     Harga sewa

Secara umum, bila lokasi kontrakan rumah berada di perkotaan, fasilitas lengkap, lingkungan bersih, kondisi bangunan bagus apalagi masih baru sudah pasti harganya relatif tinggi. Untuk itu, Agar sesuai dengan anggaran Anda maka harus menyesuaikan dengan kebutuhan juga. Pilihlah rumah yang lebih sederhana agar harganya lebih terjangkau. Cara lain adalah menyewa dengan jangka waktu lebih lama, karena biasanya pemilik rumah akan memberikan potongan harga.

7.     Minta perjanjian sewa rumah

Jangan hanya menyewa rumah tanpa perjanjian yang jelas yang memuat hak dan kewajiban Anda dan pemilik rumah. Anda harus memahami betul seluruh klausul tersebut agar tidak terjadi sengketa di kemudian hari. Perjanjian tersebut biasanya memuat perihal nama penyewa atau penanggungjawab, jangka waktu sewa, harga kontrak rumah dan sebagainya.

8.     Bergaul dengan tetangga

Manusia adalah mahluk sosial oleh karena itu Anda pun harus bisa bersosialisasi dengan tetangga atau masyarakat sekitar. Ikuti semua kegiatan masyarakat yang sekiranya wajib. Kalau Anda dan keluarga membaur dengan masyarakat maka akan semakin nyaman dan betah tinggal di lingkungan tersebut. Anda pun akan dikenal oleh masyarakat dan mereka akan sigap memberikan bantuan kala Anda tertimpa kesulitan tertentu.

Nah, itulah beberapa faktor yang harus senantiasa dipertimbangkan kala Anda akan menyewa rumah. Kalau semua kebutuhan akan kontrakan rumah terpenuhi maka Anda bisa tinggal lebih nyaman dan aman. Jangan lupa juga untuk selalu menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan pemilik rumah.

Baca juga : Rumah Kontrakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.